Soal Tema 4 Kelas 4 Sd/Mi K13 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Berikut ini adalah contoh latihan Soal Tema 4 Kelas 4 Sekolah Dasar/MI Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Tahun Ajaran 2019/2020 lengkap dengan kunci jawaban. Semoga Soal Tematik Kelas 4 Tema 4 mapel Bahasa Indonesia ini dapat dijadikan acuan untuk mencar ilmu khususnya adik-adik kelas 4 yang sudah memakai Kurikulum 2013.
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
Perhatikan bagian dongeng berikut untuk soal nomor 1 dan 2 !
Para binatang di sebuah peternakan meributkan siapa yang menjadi pemimpin mereka. Akulah yang pantas menjadi pemimpin. Aku binatang paling besar dan paling kuat di peternakan ini, kata Kerbau
1. Watak tokoh Kerbau dalam dongeng tersebut ialah ....
a. besar lengan berkuasa
b. dermawan
c. sombong
d. lemah
2. Komentar yang sesuai tabiat Kerbau pada kisah tersebut ialah ....
a. Saya suka kepada Kerbau sebab paling kuat
b. Saya tidak suka kepada Kerbau alasannya adalah mengalahkan hewan lain.
c. Saya suka kepada Kerbau alasannya adalah senang memberi.
d. Saya tidak suka kepada Kerbau alasannya adalah sombong.
3. Ada sebuah keluarga miskin. Mereka menggantungkan hidup dari hasil berladang. Pak Somad begitulah orang memanggilnya. Walau tinggal di dalam gubuk, Pak Somad, anak, dan istri hidup senang.
Latar dari kutipan dongeng tersebut ialah ….
a. ladang
b. gubuk
c. keluarga miskin
d. hutan
Bacalah paragraf di bawah ini untuk menjawab soal no 4 – 5 !
Rama Harimau mempunyai seorang putra namanya si Loreng. Tidak seperti Rama, Harimau yang terkenal sangat bijaksana dan juga dikagumi binatang-hewan di hutan, si Loreng binatang di hutan. Selain sangat jahil. ia juga sombong. Sering si Loreng menindas hewan yang ada di hutan. Suatu hari si Loreng menemukan sarang Semut Merah. Segera sarang itu ditutup menggunakan kerikil.
4. Tokoh yang berwatak antagonis ialah ....
a. Semut Merah
b. Si Loreng
c. Rama Harimau
d. tidak ada
5. Watak Rama Harimau ialah ....
a. bijaksana
b. bengis
C. jahil
d. sombong
6. Perhatikan kutipan cerita di bawah ini!
.... la sangat bersyukur sekali mendapatkan pekerjaan tersebut, namun sampai suatu saat dia diperintahkan oleh saudagar kaya itu untuk ikut berdagang ke sebuah pulau yang belum pernah dia kunjungi sebelumnya. Sesampainya di sana, ia diperintahkan untuk memberatkan timbangannya supaya mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari pulau tersebut.
Berdasarkan kutipan kisah tersebut, saudagar merupakan tokoh ....
a. protagonis
b. tritagonis
c perhiasan
d. antagonis
7. Tokoh protagonis disebut juga dengan tokoh ....
a. baik
b. jahat
c. pelengkap
d. penengah
8. Pada zaman dahulu, di tempat Jawa Barat ada seorang lelaki yang sangat kaya Seluruh sawah dan ladang di desanya menjadi miliknya.
Latar tempat pada serpihan dongeng tersebut adalah ....
a. sawah
b. ladang
c. di desanya
d. tempat Jawa Barat
9. Bacalah kisah berikut ini !
Diana tidak kuasa menahan tangisnya ketika menuturkan kondisi keluarganya. Diana sengaja keluar dari sekolah. la tidak mempunyai biaya untuk sekolah. Ia harus mengurus dirinya dan sang ibu. Keinginan Diana sebetulnya tidak berlebihan. Pengamen cilik yang biasa mangkal di perempatan jalan itu hanya ingin sekolah.
Cerita di atas mempunyai tema ....
a. keikhlasan seorang anak
b. kejujuran seorang anak
c. kesedihan seorang anak
d. ketulusan hati seorang anak
10. Tahap awal dari alur dongeng disebut tahap ....
a. konflik
b. klimaks
c. perkenalan
d. penyelesaian
Bacalah paragraf berikut ini untuk menjawab soal nomor 11 - 12 !
Pagi itu lebah Bee sedang asyik mengisap madu di taman bunga daerah tinggalnya, dikala
dilihatnya Pupi si bagus kupu-kupu terbang memasuki taman itu juga. Wah, aku harus segera bersembunyi," kata Bee sambil menyelinap di sela-sela rumpun mawar. Bee dan Pupi tak pernah akur meskipun mereka bertempat tinggal di taman yang sama. Setiap hari selalu ada hal yang mereka perdebatkan dan mengakibatkan pertengkaran.
11. Tokoh-tokoh dalam cerita tersebut adalah ....
a. Bee dan Pupi
b. Bee dan kupu-kupu
c. Lebah dan Pupi
d. Lebah dan kupu-kupu
12. Latar dongeng tersebut yakni ....
a. hutan
b. kebun buah
c. taman bunga
d. halaman rumah
13. Anak-anak mengikuti rangkaian kejadian dalam cerita "Bambam yang Setia" dari awal sampai akhir. Bagian kalimat yang dicetak tebal dapat diganti dengan istilah ....
a. amanat
b. judul
c. tema
d alur
14. Berikut ini cara mendeskripsikan tokoh kisah secara analitik, yaitu ....
a. melalui dialog antartokoh
b. dijelaskan oleh pengarang
c melalui konflik yang terjadi
d. melalui sikap para tokohnya
15. Riwayat penulis, cara pandang penulis dan kondisi saat karya sastra dibuat termasuk dalam unsur ....
a. intrinsik
b. ekstrinsik
c. utama
d. inti
16. Berikut ini yang tidak termasuk hal-hal yang dapat dipakai untuk mengetahui perwatakan tokoh suatu kisah yakni ….
a. perkataan dan perbuatan tokoh
b. pembicaraan tokoh-tokoh lain
c. tuturan langsung pengarang
d ringkasan dongeng
Bacalah petikan kisah berikut untuk menjawab soal nomor 17 – 18 !
Dengan tertatih-tatih seorang nenek renta berjalan menelusuri danau yang kekeringan. Dilihatnya ikan-ikan menggelepar-gelepar kekurangan air. Kemudian nenek itu mengambil kan-ikan dan membawanya ke kawasan yang terdapat air. Tak disangka, ikan itu berkata, Nenek yang baik, kamu telah menolongku dengan lapang dada. Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari." Nenek itu terperanjat penuh besar hati.
17. Latar kisah tersebut ialah ….
a. sebuah danau yang melimpah airnya
b. sebuah danau yang kering
c. sebuah hutan belantara
d. tepi sungai
18. Kalimat di bawah ini yang memperlihatkan watak salah satu tokohnya yaitu .…
a. Ikan-ikan gembira ditolong nenek.
b. Nenek mengambil emas dengan bangga.
c. Nenek itu memasukkan ikan ke daerah yang lembap.
d. Nenek yang baik telah menolong ikan-ikan dengan lapang dada ikhlas
19. Amanat yang mampu diambil dari kisah tersebut adalah ….
a. Nenek itu terperanjat penuh gembira.
b. Berbuat setuju kau kepada semua makhluk
c Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari.
d. Nenek mengambil ikan dan membawanya ke tempat air
20. Nilai-nilai baik yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui karyanya disebut ....
a. sudut pandang
b. pesan moral
c. latar
d. alur
II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar!
1. Tokoh yang mempunyai sifat tercela dalam sebuah dongeng disebut tokoh ….................................................
2. Pemberian sifat pada pelaku-pelaku yang terlibat dalam sebuah kisah disebut …..............................
3. Penggambaran abjad tokoh dalam cerita melalui cara berpakaian, postur badan dan bentuk rambut termasuk dalam metode …...........................................................................................................
4. Pesan sopan santun yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca disebut …..........................................
5. Unsur yang mempengaruhi terciptanya sebuah dongeng dari dalam sebuah cerita disebut …................
6. Pesan yang hendak disampaikan seorang pengarang dalam karyanya disebut …..............................
7. Sifat atau etika yang dimiliki tiap tokoh dongeng disebut ….....................................................................
8. Tempat terjadinya kejadian dalam cerita disebut ….............................................................................
9. Penokohan yang mampu dilihat secara pribadi dan tidak berbelit-belit memakai ...................…
10. Rangkaian kejadian dalam cerita yang saling berhubungan disebut ….............................................
Perhatikan pecahan kisah berikut untuk soal nomor 11 – 14 !
Kancil beristirahat di bawah pohon bambu. Tiba-datang datanglah Harimau. Harimau hendak memakan Kancil. Kancil yang berilmu mencoba membohongi Harimau.
11. Tokoh kutipan kisah tersebut adalah ….........................................................................................
12. Peristiwa dalam kutipan cerita tersebut terjadi di .........................................................................
13. Tokoh yang pantas dicontoh dalam kutipan cerita tersebut yaitu ...............................................
14. Watak tokoh Kancil dalam kutipan kisah tersebut yakni ............................................................
15. Cara pengarang menceritakan dongeng dalam kisah disebut ….............................................................
16. Tokoh yang menjadi lawan tokoh protagonis adalah ….....................................................................
17. Gambaran tempat dan waktu terjadinya insiden dalam dongeng disebut …........................................
18. Suasana kelas 4 siang itu benar-benar istimewa. spesial alasannya kali ini bawah umur belajar dengan polisi. Sengaja Bu Yuli, guru mereka mengundang pak polisi ke sekolah mereka. "Agar belum dewasa tidak jenuh, "kata Bu Yuli waktu ditanya bawah umur.
Latar atau daerah peristiwa pada penggalan kisah tersebut yaitu …......................................................
19. Gagasan atau wangsit yang ada dalam cerita disebut …............................................................................
20. Individu yang mengalami peristiwa dalam kisah disebut ..................................................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Apa saja tokoh dalam sebuah cerita? Jelaskan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
2 Jelaskan pengertian latar atau setting dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
3. Sebutkan unsur-unsur dalam sebuah kisah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
4. Sebutkan beberapa cara yang dapat dijadikan cara untuk memahami budpekerti tokoh!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
5. Sebutkan unsur intrinsik dalam sebuah dongeng!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
6. Sebutkan unsur ekstrinsik dalam sebuah kisah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
7. Jelaskan jenis-jenis alur dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
8. Sebutkan tiga macam tokoh dalam sebuah dongeng
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
9. Apa yang dimaksud dengan fabel ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
10. Jelaskan perbedaan metode analitik dan dramatik dalam menggambarkan tokoh cerita !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
11. Perhatikan paragraf berikut!
Manusia lahir ke dunia sebagai makhluk langsung sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia mustahil terlepas dari hidup bermasyarakat. Di dalam masyarakat kita sering melaksanakan kegiatan bermanfaat yang dilakukan secara bahu-membahu. Dengan bergotong royong kita dapat saling membantu, bantu-membantu, bekerja sama, kunjung-mengunjungi, untuk mencapai kesejahteraan bersama.
Jelaskan pesan susila yang terkandung dalam paragraf di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
12. Jelaskan tahapan-tahapan dalam alur suatu cerita !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
13. Bacalah kisah berikut dengan cermat!
Prabu Tapa Agung menunjuk Purbasari, putri bungsunya sebagai pengganti menduduki tahta kerajaan. Purbasari memiliki kakak yang berjulukan Purbararang. la tidak setuju adiknya diangkat menggantikan ayah mereka. Kegeraman Purbararang yang sudah memuncak membuatnya memiliki niat mencelakakan adiknya. la menemui seorang penyihir untuk memantrai Purbasari sehingga saat itu juga datang-tiba kulit Purbasari menjadi bertotol-totol hitam.
Bagaimana moral tokoh Purbararang?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
14. Raja sering berkeliling ke rumah-rumah penduduk dan membantu menanam padi di sawah. la tak pernah memungut pajak sepeser pun dari rakyat. Rakyatnya sangat menghormati dan menyayangi sang raja.
Tulislah amanat yang dapat dipetik dari bagian kisah di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
15. Kucing yang malang itu kini tertidur lelap di kolong jembatan. Tak ada satu pun yang mau berkawan dengannya. Itulah balasan dari kesombongannya selama ini ia hanya bisa meratapi sifat buruknya itu.
Tulislah amanat yang tepat untuk bagian cerita di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
16. Jelaskan yang dimaksud sudut pandang pada sebuah kisah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
17. Jelaskan yang dimaksud dengan penokohan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
18. Jelaskan cara untuk mengetahui huruf dalam cerpen!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
Bacalah dongeng berikut ini untuk menjawab soal nomor 19 - 20!
Pada suatu hari hiduplah seekor rusa betina dengan satu ekor anaknya. Mereka tengah makan rumput segar di padang rumput. Si anak rusa melihat seekor kupu-kupu yang elok, lalu si anak rusa mengikuti kupu-kupu tersebut. Telah jauh si anak rusa berjalan datang-tiba datanglah seekor serigala yang lapar. Ketika si serigala akan menerkam si anak rusa, datang-datang singa menghadang serigala tersebut. Tak usang ibu rusa pun tiba sebagai pendekar untuk anaknya. Saat serigala dan singa tengah bertengkar, ibu rusa tersebut memanfaatkan kesempatan tersebut untuk kabur dari ancaman binatang buas tersebut
19. Apa tema dari dongeng tersebut!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
20. Apa latar suasana yang digambarkan pada cerita tersebut !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
2. d. Saya tidak suka kepada Kerbau alasannya adalah sombong.
3. b. gubuk
4. b. Si Loreng
5. a. bijaksana
6. d. antagonis
7. a. baik
8. d. kawasan Jawa Barat
9. c. kesedihan seorang anak
10. c. perkenalan
11. d. Lebah dan kupu-kupu
12. c. taman bunga
13. d alur
14. b. dijelaskan oleh pengarang
15. a. intrinsik
16. d. ringkasan cerita
17. b. sebuah danau yang kering
18. d. Nenek yang baik telah menolong ikan-ikan dengan tulus nrimo
19. b. Berbuat setuju kau kepada semua makhluk
20. b. pesan budpekerti
2. perwatakan
3. penokohan
4. amanat
5. Unsur intrinsik
6. amanat
7. abjad
8. latar
9. metode analitik
10. alur
11. Kancil dan harimau
12. bawah pohon bambu
13. Kancil
14. berakal
15. sudut pandang
16. antagonis
17. setting/latar
18. kelas 4
19. tema
20. tokoh
2. Latar atau setting yaitu gambaran tempat dan waktu terjadinya kejadian dalam cerita
3. unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik
4. obrolan antartokoh, diceritakan tokoh lain, diceritakan pengarang
5. tema, alur/plot, setting/latar, tokoh/pelaku, penokohan/perwatakan, sudut pandang, amanat
6. latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang
7. alur maju, alur mundur, alaur adonan
8. tokoh antagonis, tokoh protagonis, tokoh tritagonis
9. Fabel ialah cerita yang menceritakan kehidupan binatang yang berperilaku mirip manusia.
10. Metode analitik yaitu pengarang menggambarkan budpekerti tokoh secara eksklusif. Metode dramatik ialah pengarang dalam menggambarkan tokoh secara tidak langsung.
11. Manusia sebagai makhluk sosial harus saling bahu-membahu
12. Pengantar, Penampilan dilema, Puncak ketegangan / titik puncak, Ketegangan menurun / antiklimaks, Penyelesaian
13. jahat
14. orang yang menanam kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula
15. kita dihentikan bersikap sombong alasannya adalah merugikan diri kita sendiri
16. Cara pengarang menceritakan cerita dalam cerita
17. Penokohan yaitu pinjaman abjad kepada setiap tokoh yang ada di dalam kisah
18. dengan melihat obrolan antartokoh
19. kasih sayang ibu rusa kepada anaknya
20. mencekam
Download Soal Tema 4 Kelas 4 SD/MI K13 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Itulah Soal Tema 4 Kelas 4 SD/MI K13 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang bisa aku bagikan. Semoga bermanfaat.
Soal Tema 4 Kelas 4 (Bahasa Indonesia)
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
Perhatikan bagian dongeng berikut untuk soal nomor 1 dan 2 !
Para binatang di sebuah peternakan meributkan siapa yang menjadi pemimpin mereka. Akulah yang pantas menjadi pemimpin. Aku binatang paling besar dan paling kuat di peternakan ini, kata Kerbau
1. Watak tokoh Kerbau dalam dongeng tersebut ialah ....
a. besar lengan berkuasa
b. dermawan
c. sombong
d. lemah
2. Komentar yang sesuai tabiat Kerbau pada kisah tersebut ialah ....
a. Saya suka kepada Kerbau sebab paling kuat
b. Saya tidak suka kepada Kerbau alasannya adalah mengalahkan hewan lain.
c. Saya suka kepada Kerbau alasannya adalah senang memberi.
d. Saya tidak suka kepada Kerbau alasannya adalah sombong.
3. Ada sebuah keluarga miskin. Mereka menggantungkan hidup dari hasil berladang. Pak Somad begitulah orang memanggilnya. Walau tinggal di dalam gubuk, Pak Somad, anak, dan istri hidup senang.
Latar dari kutipan dongeng tersebut ialah ….
a. ladang
b. gubuk
c. keluarga miskin
d. hutan
Bacalah paragraf di bawah ini untuk menjawab soal no 4 – 5 !
Rama Harimau mempunyai seorang putra namanya si Loreng. Tidak seperti Rama, Harimau yang terkenal sangat bijaksana dan juga dikagumi binatang-hewan di hutan, si Loreng binatang di hutan. Selain sangat jahil. ia juga sombong. Sering si Loreng menindas hewan yang ada di hutan. Suatu hari si Loreng menemukan sarang Semut Merah. Segera sarang itu ditutup menggunakan kerikil.
4. Tokoh yang berwatak antagonis ialah ....
a. Semut Merah
b. Si Loreng
c. Rama Harimau
d. tidak ada
5. Watak Rama Harimau ialah ....
a. bijaksana
b. bengis
C. jahil
d. sombong
6. Perhatikan kutipan cerita di bawah ini!
.... la sangat bersyukur sekali mendapatkan pekerjaan tersebut, namun sampai suatu saat dia diperintahkan oleh saudagar kaya itu untuk ikut berdagang ke sebuah pulau yang belum pernah dia kunjungi sebelumnya. Sesampainya di sana, ia diperintahkan untuk memberatkan timbangannya supaya mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari pulau tersebut.
Berdasarkan kutipan kisah tersebut, saudagar merupakan tokoh ....
a. protagonis
b. tritagonis
c perhiasan
d. antagonis
7. Tokoh protagonis disebut juga dengan tokoh ....
a. baik
b. jahat
c. pelengkap
d. penengah
8. Pada zaman dahulu, di tempat Jawa Barat ada seorang lelaki yang sangat kaya Seluruh sawah dan ladang di desanya menjadi miliknya.
Latar tempat pada serpihan dongeng tersebut adalah ....
a. sawah
b. ladang
c. di desanya
d. tempat Jawa Barat
9. Bacalah kisah berikut ini !
Diana tidak kuasa menahan tangisnya ketika menuturkan kondisi keluarganya. Diana sengaja keluar dari sekolah. la tidak mempunyai biaya untuk sekolah. Ia harus mengurus dirinya dan sang ibu. Keinginan Diana sebetulnya tidak berlebihan. Pengamen cilik yang biasa mangkal di perempatan jalan itu hanya ingin sekolah.
Cerita di atas mempunyai tema ....
a. keikhlasan seorang anak
b. kejujuran seorang anak
c. kesedihan seorang anak
d. ketulusan hati seorang anak
10. Tahap awal dari alur dongeng disebut tahap ....
a. konflik
b. klimaks
c. perkenalan
d. penyelesaian
Bacalah paragraf berikut ini untuk menjawab soal nomor 11 - 12 !
Pagi itu lebah Bee sedang asyik mengisap madu di taman bunga daerah tinggalnya, dikala
dilihatnya Pupi si bagus kupu-kupu terbang memasuki taman itu juga. Wah, aku harus segera bersembunyi," kata Bee sambil menyelinap di sela-sela rumpun mawar. Bee dan Pupi tak pernah akur meskipun mereka bertempat tinggal di taman yang sama. Setiap hari selalu ada hal yang mereka perdebatkan dan mengakibatkan pertengkaran.
11. Tokoh-tokoh dalam cerita tersebut adalah ....
a. Bee dan Pupi
b. Bee dan kupu-kupu
c. Lebah dan Pupi
d. Lebah dan kupu-kupu
12. Latar dongeng tersebut yakni ....
a. hutan
b. kebun buah
c. taman bunga
d. halaman rumah
13. Anak-anak mengikuti rangkaian kejadian dalam cerita "Bambam yang Setia" dari awal sampai akhir. Bagian kalimat yang dicetak tebal dapat diganti dengan istilah ....
a. amanat
b. judul
c. tema
d alur
14. Berikut ini cara mendeskripsikan tokoh kisah secara analitik, yaitu ....
a. melalui dialog antartokoh
b. dijelaskan oleh pengarang
c melalui konflik yang terjadi
d. melalui sikap para tokohnya
15. Riwayat penulis, cara pandang penulis dan kondisi saat karya sastra dibuat termasuk dalam unsur ....
a. intrinsik
b. ekstrinsik
c. utama
d. inti
16. Berikut ini yang tidak termasuk hal-hal yang dapat dipakai untuk mengetahui perwatakan tokoh suatu kisah yakni ….
a. perkataan dan perbuatan tokoh
b. pembicaraan tokoh-tokoh lain
c. tuturan langsung pengarang
d ringkasan dongeng
Bacalah petikan kisah berikut untuk menjawab soal nomor 17 – 18 !
Dengan tertatih-tatih seorang nenek renta berjalan menelusuri danau yang kekeringan. Dilihatnya ikan-ikan menggelepar-gelepar kekurangan air. Kemudian nenek itu mengambil kan-ikan dan membawanya ke kawasan yang terdapat air. Tak disangka, ikan itu berkata, Nenek yang baik, kamu telah menolongku dengan lapang dada. Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari." Nenek itu terperanjat penuh besar hati.
17. Latar kisah tersebut ialah ….
a. sebuah danau yang melimpah airnya
b. sebuah danau yang kering
c. sebuah hutan belantara
d. tepi sungai
18. Kalimat di bawah ini yang memperlihatkan watak salah satu tokohnya yaitu .…
a. Ikan-ikan gembira ditolong nenek.
b. Nenek mengambil emas dengan bangga.
c. Nenek itu memasukkan ikan ke daerah yang lembap.
d. Nenek yang baik telah menolong ikan-ikan dengan lapang dada ikhlas
19. Amanat yang mampu diambil dari kisah tersebut adalah ….
a. Nenek itu terperanjat penuh gembira.
b. Berbuat setuju kau kepada semua makhluk
c Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari.
d. Nenek mengambil ikan dan membawanya ke tempat air
20. Nilai-nilai baik yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui karyanya disebut ....
a. sudut pandang
b. pesan moral
c. latar
d. alur
II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar!
1. Tokoh yang mempunyai sifat tercela dalam sebuah dongeng disebut tokoh ….................................................
2. Pemberian sifat pada pelaku-pelaku yang terlibat dalam sebuah kisah disebut …..............................
3. Penggambaran abjad tokoh dalam cerita melalui cara berpakaian, postur badan dan bentuk rambut termasuk dalam metode …...........................................................................................................
4. Pesan sopan santun yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca disebut …..........................................
5. Unsur yang mempengaruhi terciptanya sebuah dongeng dari dalam sebuah cerita disebut …................
6. Pesan yang hendak disampaikan seorang pengarang dalam karyanya disebut …..............................
7. Sifat atau etika yang dimiliki tiap tokoh dongeng disebut ….....................................................................
8. Tempat terjadinya kejadian dalam cerita disebut ….............................................................................
9. Penokohan yang mampu dilihat secara pribadi dan tidak berbelit-belit memakai ...................…
10. Rangkaian kejadian dalam cerita yang saling berhubungan disebut ….............................................
Perhatikan pecahan kisah berikut untuk soal nomor 11 – 14 !
Kancil beristirahat di bawah pohon bambu. Tiba-datang datanglah Harimau. Harimau hendak memakan Kancil. Kancil yang berilmu mencoba membohongi Harimau.
11. Tokoh kutipan kisah tersebut adalah ….........................................................................................
12. Peristiwa dalam kutipan cerita tersebut terjadi di .........................................................................
13. Tokoh yang pantas dicontoh dalam kutipan cerita tersebut yaitu ...............................................
14. Watak tokoh Kancil dalam kutipan kisah tersebut yakni ............................................................
15. Cara pengarang menceritakan dongeng dalam kisah disebut ….............................................................
16. Tokoh yang menjadi lawan tokoh protagonis adalah ….....................................................................
17. Gambaran tempat dan waktu terjadinya insiden dalam dongeng disebut …........................................
18. Suasana kelas 4 siang itu benar-benar istimewa. spesial alasannya kali ini bawah umur belajar dengan polisi. Sengaja Bu Yuli, guru mereka mengundang pak polisi ke sekolah mereka. "Agar belum dewasa tidak jenuh, "kata Bu Yuli waktu ditanya bawah umur.
Latar atau daerah peristiwa pada penggalan kisah tersebut yaitu …......................................................
19. Gagasan atau wangsit yang ada dalam cerita disebut …............................................................................
20. Individu yang mengalami peristiwa dalam kisah disebut ..................................................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Apa saja tokoh dalam sebuah cerita? Jelaskan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
2 Jelaskan pengertian latar atau setting dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
3. Sebutkan unsur-unsur dalam sebuah kisah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
4. Sebutkan beberapa cara yang dapat dijadikan cara untuk memahami budpekerti tokoh!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
5. Sebutkan unsur intrinsik dalam sebuah dongeng!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
6. Sebutkan unsur ekstrinsik dalam sebuah kisah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
7. Jelaskan jenis-jenis alur dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
8. Sebutkan tiga macam tokoh dalam sebuah dongeng
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
9. Apa yang dimaksud dengan fabel ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
10. Jelaskan perbedaan metode analitik dan dramatik dalam menggambarkan tokoh cerita !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
11. Perhatikan paragraf berikut!
Manusia lahir ke dunia sebagai makhluk langsung sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia mustahil terlepas dari hidup bermasyarakat. Di dalam masyarakat kita sering melaksanakan kegiatan bermanfaat yang dilakukan secara bahu-membahu. Dengan bergotong royong kita dapat saling membantu, bantu-membantu, bekerja sama, kunjung-mengunjungi, untuk mencapai kesejahteraan bersama.
Jelaskan pesan susila yang terkandung dalam paragraf di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
12. Jelaskan tahapan-tahapan dalam alur suatu cerita !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
13. Bacalah kisah berikut dengan cermat!
Prabu Tapa Agung menunjuk Purbasari, putri bungsunya sebagai pengganti menduduki tahta kerajaan. Purbasari memiliki kakak yang berjulukan Purbararang. la tidak setuju adiknya diangkat menggantikan ayah mereka. Kegeraman Purbararang yang sudah memuncak membuatnya memiliki niat mencelakakan adiknya. la menemui seorang penyihir untuk memantrai Purbasari sehingga saat itu juga datang-tiba kulit Purbasari menjadi bertotol-totol hitam.
Bagaimana moral tokoh Purbararang?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
14. Raja sering berkeliling ke rumah-rumah penduduk dan membantu menanam padi di sawah. la tak pernah memungut pajak sepeser pun dari rakyat. Rakyatnya sangat menghormati dan menyayangi sang raja.
Tulislah amanat yang dapat dipetik dari bagian kisah di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
15. Kucing yang malang itu kini tertidur lelap di kolong jembatan. Tak ada satu pun yang mau berkawan dengannya. Itulah balasan dari kesombongannya selama ini ia hanya bisa meratapi sifat buruknya itu.
Tulislah amanat yang tepat untuk bagian cerita di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
16. Jelaskan yang dimaksud sudut pandang pada sebuah kisah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
17. Jelaskan yang dimaksud dengan penokohan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
18. Jelaskan cara untuk mengetahui huruf dalam cerpen!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
Bacalah dongeng berikut ini untuk menjawab soal nomor 19 - 20!
Pada suatu hari hiduplah seekor rusa betina dengan satu ekor anaknya. Mereka tengah makan rumput segar di padang rumput. Si anak rusa melihat seekor kupu-kupu yang elok, lalu si anak rusa mengikuti kupu-kupu tersebut. Telah jauh si anak rusa berjalan datang-tiba datanglah seekor serigala yang lapar. Ketika si serigala akan menerkam si anak rusa, datang-datang singa menghadang serigala tersebut. Tak usang ibu rusa pun tiba sebagai pendekar untuk anaknya. Saat serigala dan singa tengah bertengkar, ibu rusa tersebut memanfaatkan kesempatan tersebut untuk kabur dari ancaman binatang buas tersebut
19. Apa tema dari dongeng tersebut!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
20. Apa latar suasana yang digambarkan pada cerita tersebut !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
Kunci Jawaban Room I
1. c. sombong2. d. Saya tidak suka kepada Kerbau alasannya adalah sombong.
3. b. gubuk
4. b. Si Loreng
5. a. bijaksana
6. d. antagonis
7. a. baik
8. d. kawasan Jawa Barat
9. c. kesedihan seorang anak
10. c. perkenalan
11. d. Lebah dan kupu-kupu
12. c. taman bunga
13. d alur
14. b. dijelaskan oleh pengarang
15. a. intrinsik
16. d. ringkasan cerita
17. b. sebuah danau yang kering
18. d. Nenek yang baik telah menolong ikan-ikan dengan tulus nrimo
19. b. Berbuat setuju kau kepada semua makhluk
20. b. pesan budpekerti
Kunci Jawaban Room II
1. antagonis2. perwatakan
3. penokohan
4. amanat
5. Unsur intrinsik
6. amanat
7. abjad
8. latar
9. metode analitik
10. alur
11. Kancil dan harimau
12. bawah pohon bambu
13. Kancil
14. berakal
15. sudut pandang
16. antagonis
17. setting/latar
18. kelas 4
19. tema
20. tokoh
Kunci Jawaban Room III
1. insan, binatang2. Latar atau setting yaitu gambaran tempat dan waktu terjadinya kejadian dalam cerita
3. unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik
4. obrolan antartokoh, diceritakan tokoh lain, diceritakan pengarang
5. tema, alur/plot, setting/latar, tokoh/pelaku, penokohan/perwatakan, sudut pandang, amanat
6. latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang
7. alur maju, alur mundur, alaur adonan
8. tokoh antagonis, tokoh protagonis, tokoh tritagonis
9. Fabel ialah cerita yang menceritakan kehidupan binatang yang berperilaku mirip manusia.
10. Metode analitik yaitu pengarang menggambarkan budpekerti tokoh secara eksklusif. Metode dramatik ialah pengarang dalam menggambarkan tokoh secara tidak langsung.
11. Manusia sebagai makhluk sosial harus saling bahu-membahu
12. Pengantar, Penampilan dilema, Puncak ketegangan / titik puncak, Ketegangan menurun / antiklimaks, Penyelesaian
13. jahat
14. orang yang menanam kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula
15. kita dihentikan bersikap sombong alasannya adalah merugikan diri kita sendiri
16. Cara pengarang menceritakan cerita dalam cerita
17. Penokohan yaitu pinjaman abjad kepada setiap tokoh yang ada di dalam kisah
18. dengan melihat obrolan antartokoh
19. kasih sayang ibu rusa kepada anaknya
20. mencekam
Itulah Soal Tema 4 Kelas 4 SD/MI K13 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang bisa aku bagikan. Semoga bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Soal Tema 4 Kelas 4 Sd/Mi K13 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"
Posting Komentar