Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Ipa Dan Kunci Balasan
Berikut ini ialah pola latihan Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel IPA dan Kunci Jawaban untuk Tahun Ajaran 2019/2020. Semoga Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 mata pelajaran IPA ini dapat dijadikan acuan untuk mencar ilmu khususnya adik-adik kelas 5 yang sudah menggunakan Kurikulum 2013.
I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Contoh binatang yang termasuk kategori herbivora yaitu ....
a. kambing, zebra, dan harimau
b. kambing, zebra, dan kelinci
c. kucing, zebra, dan kelinci
d. singa, zebra, dan kelinci
2. Gigi taring yang terdapat pada harimau dipakai untuk ....
a. mengerat dan menghancurkan makanan
b. menggigit mangsanya
c. memotong masakan
d. mengoyak mangsanya
3. Contoh binatang peliharaan yang bukan termasuk omnivora adalah ....
a. ayam
b. itik
b. belibis
d. kelinci
4. Contoh binatang yang dalam daur hidupnya tidak mengalami metamorfosis yakni ....
a. kecoak
b. ulat
c. ayam
d. kupu-kupu
5. Daur hidup hewan di bawah ini dengan cara beranak ialah ....
a. ayam
b. kucing
c. ayam
d. bebek
6. Hubungan yang erat antara dua makhluk hidup yang berbeda disebut ....
a. komunitas
b. simbiosis
c. ekosistem
d. populasi
7. Hubungan simbiosis parasitisme mampu kita lihat pada acuan ....
a. bunga dengan kupu-kupu
b. burung jalak dengan kerbau
c. ikan hiu dengan remora
d. bunga bangkai dengan tanaman inangnya
8. Padi - belalang - katak - ular
Pada rantai masakan di atas belalang berperan sebagai konsumen tingkat ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
9. Perhatikan jenis makhluk hidup berikut
(1) Ular
(2) Bakteri
(3) Burung elang
(4) Tikus
(5) Padi
Bila membentuk suatu rantai kuliner, maka urutan yang benar ialah ....
a. (5) - (4) - (1) - (3) -(2)
b. (5) - (4) - (3) - (2) - (1)
c. (5) - (3) - (4) - (2) - (1)
d. (5) - (3) - (2) - (1) - (4)
10. Hewan yang mati akan membusuk dan menjadi sumber makanan bagi kuman, Contoh tersebut menunjukkan tugas basil sebagai ….
a. konsumen
b. produsen
c. pengurai
d. kosumen
11. Penebangan hutan secara liar mampu mengakibatkan ....
a. populasi tumbuhan di hutan terjaga
b. habitat orisinil binatang-hewan rusak
c. pencemaran lingkungan
d. peningkatan oksigen di udara
12. Contoh kegiatan insan yang dapat merusak ekosistem di bahari ialah ....
a. menangkap ikan dengan peledak
b. menanam tumbuhan bakau
c. melakukan reboisasi
d. menciptakan terasering
13. Jika dalam ekosistem sawah jumlah ular bertambah banyak maka ….
a. populasi tikus meningkat
b. populasi tikus menurun
c. populasi belalang berkurang
d. populasi elang berkurang
14. Pemanfaatan kayu sebagai materi baku perabotan rumah mampu dikendalikan dengan cara melaksanakan ....
a. tebas liar
b. pembakaran hutan
c. penebangan hutan sembarangan
d. tebas pilih
15.
Dampak yang akan ditimbulkan dari kejadian pada gambar yaitu ....
a. gampang menangkap ikan di sungai
b. banyak ikan besar di sungai
c. ikan di sungai mati
d. ikan di sungai bertambah banyak
16. Dalam rantai makanan, makhluk yang bertindak sebagai produsen yakni ....
a. padi
b. manusia
c. kambing
d. elang
17. Kerbau bersama dengan burung jalak merupakan contoh ....
a. daur hidup
b. simbiosis mutualisme
c. simbiosis parasitisme
d. simbiosis komensalisme
18. Urutan daur hidup pada kupu-kupu yakni ....
a. kupu-kupu - ulat -telur - kepompong
b. ulat - telur - kepompong - kupu-kupu
c. telur - ulat - kepompong - kupu-kupu
d. telur - kepompong - ulat - kupu-kupu
19. Ayam digolongkan sebagai binatang omnivora alasannya memakan ....
a. rumput dan buah
b. cacing dan biji-bijian
c. biji-bijian dan daging
d. buah, rumput, dan daging
20. Hewan pemakan buah-buahan termasuk ke dalam kelompok herbivora karena ....
a. tanaman menghasilkan buah-buahan
b. flora menghasilkan bunga
c. buah-buahan menghasilkan biji
d. bab tanaman ialah daun
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Jelaskan dan berikan pola hewan karnivora!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
2. Jelaskan kegunaan gigi geraham pada binatang memamah biak!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
3. Apa yang dimaksud dengan metamorfosis?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
4. Bagaimana daur hidup kecoak?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
5. Jelaskan metamorfosis pada nyamuk !
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
6. Jelaskan yang dimaksud dengan rantai makanan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
7. Mengapa insan tidak mampu menjadi produsen dalam rantai masakan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
8. Jelaskan mengenai simbiosis parasitisme!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
9. Bagaimana kekerabatan yang terjadi antara kerbau dengan burung jalak?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
10. Apa yang dimaksud jaring-jaring makanan? Berikan contohnya!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
11. Jelaskan perihal konsumen tingkat II !
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
12. Buatlah sebuah ilustrasi mengenai efek pembalakan liar bagi makhluk hidup!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
13. Apa dampak yang ditimbulkan oleh sikap membuang sampah sembarangan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
14. Sebutkan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem !
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
15. Apa penyebab banyak monyet masuk wilayah pemukiman warga? Jelaskan pendapatmu!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
16. Jelaskan penggolongan binatang menurut jenis makanannya!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
17. Mengapa belalang dan jangkrik termasuk kategori hewan yang mengalami metamorfosis tidak tepat?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
18. Tulislah pola rantai makanan pada ekosistem sawah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
19. Jelaskan pengertian simbiosis mutualisme!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
20. Apa tujuan dari pembuatan suaka margasatwa?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
2. d. mengoyak mangsanya
3. d. kelinci
4. c. ayam
5. b. kucing
6. b. simbiosis
7. d. bunga bangkai dengan tumbuhan inangnya
8. a. 1
9. a. (5) - (4) - (1) - (3) -(2)
10. c. pengurai
11. b. habitat asli hewan-hewan rusak
12. a. menangkap ikan dengan peledak
13. b. populasi tikus menurun
14. d. babat pilih
15. c. ikan di sungai mati
16. a. padi
17. b. simbiosis mutualisme
18. c. telur – ulat - kepompong - kupu-kupu
19. c. biji-bijian dan daging
20. a. flora menghasilkan buah-buahan
2. Gigi geraham pada binatang memamah biak dipakai untuk mengunyah masakan
3. Metamorfosis ialah perubahan bentuk hewan secara sedikit demi sedikit sesudah kelahiran atau penetasan hingga dewasa.
4. Urutan daur hidup kecoak : telur - nimfa - kecoak muda - kecoak remaja.
5. Urutan daur hidup nyamuk : telur - larva - pupa - nyamuk muda - nyamuk dewasa.
6. Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan antara makhluk hidup menurut urutan-urutan tertentu
7. Karena manusia adalah makhluk yang tidak mampu membuat makanan sendiri. Manusia membutuhkan organisme lain sebagai makanan yakni flora dan hewan.
8. simbiosis parasitisme adalah korelasi antara dua makhluk hidup yang satu diuntungkan sementara yang lain dirugikan.
9. Hubungan yang terjadi antara kerbau dengan burung jalak merupakan simbiosis mutualisme adalah keduanya sama-sama diuntungkan
10. Jaring-jaring kuliner ialah adonan dari beberapa rantai makanan yang saling berhubungan dalam satu ekosistem. Contoh jaring-jaring masakan yang ada di alam, ialah di danau, maritim, dan sawah
11. Konsumen tingkat II adalah organisme atau makhluk hidup yang memakan konsumen tingkat I
12. Pembalakan liar mengakibatkan hutan menjadi rusak dan dampaknya bisa menimbulkan aneka macam macam masalah bagi makhluk hidup
13. bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan
14. tidak melaksanakan eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan, tidak melakukan penebangan hutan secara liar, menanami kembali hutan yang gundul
15. sebab habitatnya terganggu
16. herbivora = pemakan tanaman, karnivora= pemakan daging, omnivora = pemakan segala, insektivora = pemakan serangga
17. karena belalang dan jangkrik mengalami metamorfosis dengan melewati 3 tahapan, ialah dari telur menjadi nimfa atau larva, lalu menjadi hewan dewasa.
18. Padi > tikus > ular sawah > elang > pengurai
19. Simbiosis mutualisme ialah korelasi antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan
20. Tujuan dari pembuatan suaka margasatwa yakni untuk melindungi binatang langka semoga tidak punah
Download Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel IPA dan Kunci Jawaban
Itulah Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel IPA dan Kunci Jawaban yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.
Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 (IPA)
I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Contoh binatang yang termasuk kategori herbivora yaitu ....
a. kambing, zebra, dan harimau
b. kambing, zebra, dan kelinci
c. kucing, zebra, dan kelinci
d. singa, zebra, dan kelinci
2. Gigi taring yang terdapat pada harimau dipakai untuk ....
a. mengerat dan menghancurkan makanan
b. menggigit mangsanya
c. memotong masakan
d. mengoyak mangsanya
3. Contoh binatang peliharaan yang bukan termasuk omnivora adalah ....
a. ayam
b. itik
b. belibis
d. kelinci
4. Contoh binatang yang dalam daur hidupnya tidak mengalami metamorfosis yakni ....
a. kecoak
b. ulat
c. ayam
d. kupu-kupu
5. Daur hidup hewan di bawah ini dengan cara beranak ialah ....
a. ayam
b. kucing
c. ayam
d. bebek
6. Hubungan yang erat antara dua makhluk hidup yang berbeda disebut ....
a. komunitas
b. simbiosis
c. ekosistem
d. populasi
7. Hubungan simbiosis parasitisme mampu kita lihat pada acuan ....
a. bunga dengan kupu-kupu
b. burung jalak dengan kerbau
c. ikan hiu dengan remora
d. bunga bangkai dengan tanaman inangnya
8. Padi - belalang - katak - ular
Pada rantai masakan di atas belalang berperan sebagai konsumen tingkat ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
9. Perhatikan jenis makhluk hidup berikut
(1) Ular
(2) Bakteri
(3) Burung elang
(4) Tikus
(5) Padi
Bila membentuk suatu rantai kuliner, maka urutan yang benar ialah ....
a. (5) - (4) - (1) - (3) -(2)
b. (5) - (4) - (3) - (2) - (1)
c. (5) - (3) - (4) - (2) - (1)
d. (5) - (3) - (2) - (1) - (4)
10. Hewan yang mati akan membusuk dan menjadi sumber makanan bagi kuman, Contoh tersebut menunjukkan tugas basil sebagai ….
a. konsumen
b. produsen
c. pengurai
d. kosumen
11. Penebangan hutan secara liar mampu mengakibatkan ....
a. populasi tumbuhan di hutan terjaga
b. habitat orisinil binatang-hewan rusak
c. pencemaran lingkungan
d. peningkatan oksigen di udara
12. Contoh kegiatan insan yang dapat merusak ekosistem di bahari ialah ....
a. menangkap ikan dengan peledak
b. menanam tumbuhan bakau
c. melakukan reboisasi
d. menciptakan terasering
13. Jika dalam ekosistem sawah jumlah ular bertambah banyak maka ….
a. populasi tikus meningkat
b. populasi tikus menurun
c. populasi belalang berkurang
d. populasi elang berkurang
14. Pemanfaatan kayu sebagai materi baku perabotan rumah mampu dikendalikan dengan cara melaksanakan ....
a. tebas liar
b. pembakaran hutan
c. penebangan hutan sembarangan
d. tebas pilih
15.
Dampak yang akan ditimbulkan dari kejadian pada gambar yaitu ....
a. gampang menangkap ikan di sungai
b. banyak ikan besar di sungai
c. ikan di sungai mati
d. ikan di sungai bertambah banyak
16. Dalam rantai makanan, makhluk yang bertindak sebagai produsen yakni ....
a. padi
b. manusia
c. kambing
d. elang
17. Kerbau bersama dengan burung jalak merupakan contoh ....
a. daur hidup
b. simbiosis mutualisme
c. simbiosis parasitisme
d. simbiosis komensalisme
18. Urutan daur hidup pada kupu-kupu yakni ....
a. kupu-kupu - ulat -telur - kepompong
b. ulat - telur - kepompong - kupu-kupu
c. telur - ulat - kepompong - kupu-kupu
d. telur - kepompong - ulat - kupu-kupu
19. Ayam digolongkan sebagai binatang omnivora alasannya memakan ....
a. rumput dan buah
b. cacing dan biji-bijian
c. biji-bijian dan daging
d. buah, rumput, dan daging
20. Hewan pemakan buah-buahan termasuk ke dalam kelompok herbivora karena ....
a. tanaman menghasilkan buah-buahan
b. flora menghasilkan bunga
c. buah-buahan menghasilkan biji
d. bab tanaman ialah daun
1. Jelaskan dan berikan pola hewan karnivora!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
2. Jelaskan kegunaan gigi geraham pada binatang memamah biak!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
3. Apa yang dimaksud dengan metamorfosis?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
4. Bagaimana daur hidup kecoak?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
5. Jelaskan metamorfosis pada nyamuk !
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
6. Jelaskan yang dimaksud dengan rantai makanan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
7. Mengapa insan tidak mampu menjadi produsen dalam rantai masakan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
8. Jelaskan mengenai simbiosis parasitisme!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
9. Bagaimana kekerabatan yang terjadi antara kerbau dengan burung jalak?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
10. Apa yang dimaksud jaring-jaring makanan? Berikan contohnya!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
11. Jelaskan perihal konsumen tingkat II !
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
12. Buatlah sebuah ilustrasi mengenai efek pembalakan liar bagi makhluk hidup!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
13. Apa dampak yang ditimbulkan oleh sikap membuang sampah sembarangan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
14. Sebutkan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem !
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
15. Apa penyebab banyak monyet masuk wilayah pemukiman warga? Jelaskan pendapatmu!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
16. Jelaskan penggolongan binatang menurut jenis makanannya!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
17. Mengapa belalang dan jangkrik termasuk kategori hewan yang mengalami metamorfosis tidak tepat?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
18. Tulislah pola rantai makanan pada ekosistem sawah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
19. Jelaskan pengertian simbiosis mutualisme!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
20. Apa tujuan dari pembuatan suaka margasatwa?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................
Kunci Jawaban Room I
1. b. kambing, zebra, dan kelinci2. d. mengoyak mangsanya
3. d. kelinci
4. c. ayam
5. b. kucing
6. b. simbiosis
7. d. bunga bangkai dengan tumbuhan inangnya
8. a. 1
9. a. (5) - (4) - (1) - (3) -(2)
10. c. pengurai
11. b. habitat asli hewan-hewan rusak
12. a. menangkap ikan dengan peledak
13. b. populasi tikus menurun
14. d. babat pilih
15. c. ikan di sungai mati
16. a. padi
17. b. simbiosis mutualisme
18. c. telur – ulat - kepompong - kupu-kupu
19. c. biji-bijian dan daging
20. a. flora menghasilkan buah-buahan
Kunci Jawaban Room II
1. karnivora ialah hewan pemakan daging contohnya kucing, anjing, harimau2. Gigi geraham pada binatang memamah biak dipakai untuk mengunyah masakan
3. Metamorfosis ialah perubahan bentuk hewan secara sedikit demi sedikit sesudah kelahiran atau penetasan hingga dewasa.
4. Urutan daur hidup kecoak : telur - nimfa - kecoak muda - kecoak remaja.
5. Urutan daur hidup nyamuk : telur - larva - pupa - nyamuk muda - nyamuk dewasa.
6. Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan antara makhluk hidup menurut urutan-urutan tertentu
7. Karena manusia adalah makhluk yang tidak mampu membuat makanan sendiri. Manusia membutuhkan organisme lain sebagai makanan yakni flora dan hewan.
8. simbiosis parasitisme adalah korelasi antara dua makhluk hidup yang satu diuntungkan sementara yang lain dirugikan.
9. Hubungan yang terjadi antara kerbau dengan burung jalak merupakan simbiosis mutualisme adalah keduanya sama-sama diuntungkan
10. Jaring-jaring kuliner ialah adonan dari beberapa rantai makanan yang saling berhubungan dalam satu ekosistem. Contoh jaring-jaring masakan yang ada di alam, ialah di danau, maritim, dan sawah
11. Konsumen tingkat II adalah organisme atau makhluk hidup yang memakan konsumen tingkat I
12. Pembalakan liar mengakibatkan hutan menjadi rusak dan dampaknya bisa menimbulkan aneka macam macam masalah bagi makhluk hidup
13. bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan
14. tidak melaksanakan eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan, tidak melakukan penebangan hutan secara liar, menanami kembali hutan yang gundul
15. sebab habitatnya terganggu
16. herbivora = pemakan tanaman, karnivora= pemakan daging, omnivora = pemakan segala, insektivora = pemakan serangga
17. karena belalang dan jangkrik mengalami metamorfosis dengan melewati 3 tahapan, ialah dari telur menjadi nimfa atau larva, lalu menjadi hewan dewasa.
18. Padi > tikus > ular sawah > elang > pengurai
19. Simbiosis mutualisme ialah korelasi antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan
20. Tujuan dari pembuatan suaka margasatwa yakni untuk melindungi binatang langka semoga tidak punah
Download Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel IPA dan Kunci Jawaban
Itulah Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel IPA dan Kunci Jawaban yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Ipa Dan Kunci Balasan"
Posting Komentar