Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Ppkn Dan Kunci Tanggapan
Berikut ini yakni contoh latihan Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel PPKn dan Kunci Jawaban untuk Tahun Ajaran 2019/2020. Semoga Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 mata pelajaran PPKn ini dapat dijadikan referensi untuk belajar khususnya adik-adik kelas 5 yang sudah memakai Kurikulum 2013.
I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan balasan yang paling benar !
1. Organisasi pergerakan nasional yang pertama di Indonesia adalah ....
a. Tiga Serangkai
b. Tri Koro Darmo
c. Budi Utomo
d. Jong Java
2. Pelajar dapat berperan dalam rangka menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa Indonesia dengan cara ….
a. ikut bergabung dalam organisasi masyarakat
b. tidak terlibat dalam agresi tawuran pelajar
c. mengikuti bimbingan belajar mandiri
d. berangkat sekolah tepat waktu
3. Peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 ialah ....
a. Kongres Pemuda l
b. Kongres Pemuda II
c. Rapat Raksasa di Lapangan Ikada
d. Agresi Militer
4. Kami putra dan putri indonesia, menjunjung bahasa .... bahasa Indonesia. Bagian yang hilang dari teks bersejarah di atas adalah ....
a. kawasan
b. nasional
c. persatuan
d. satu
5. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menjadi tanggung jawab ....
a. pemerintah
b. Tentara Nasional Indonesia dan Polisi Republik Indonesia
c. tokoh agama
d. seluruh rakyat Indonesia
6. Semangat persatuan dan kesatuan harus kita terapkan dalam kehidupan. Contah sikap yang memperlihatkan hal tersebut adalah ….
a. menghargai pendapat orang lain
b. tidak suka musyawarah
c. tidak suka membantu orang lain
d. sulit berteman
7. Salah satu persamaan yang dimiliki bangsa Indonesia dan diikrarkan dalam Sumpah Pemuda yang harus kita jaga adalah ....
а. agama
b. bahasa daerah
c. warna kulit
d. tumpah darah
8. Jika ada sobat yang suka bergaul dengan orang yang kaya saja sebaiknya ....
a. kita dukung sepenuhnya
b. kita dekati karena sama dengan kita
c. dinasihati biar tidak membeda-bedakan
d. kita puji sebab sobat-temannya kaya
9. Putu, Wirya, dan Samuel berasal dari daerah yang berbeda-beda. Namun, mereka menjadi ternan
satu kelas. Dalam keseharian, mereka memakai Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Contoh di atas merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan ....
a. pertikaian
b. persatuan
c. permusuhan
d. pertengkaran
10. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti ....
a. berbeda-beda suku bangsa, bahasa, dan akhlak istiadat tetapi tetap berwarna
b. berbeda-beda suku bangsa, bahasa, dan adat istiadat tetapi tetap satu juga
c. kalau bersatu kita akan menang dan jikalau bercerai kita gampang d'kalahkan
d. maju terus pantang mundur
11. Buah dari tercetusnya Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia yaitu ....
a. Perdamaian
b. Perang kemerdekaan
c. Proklamasi Kemerdekaan
d. Bhinneka Tunggal Ika
12. Persatuan dan kesatuan menumbuhkan semangat ....
a. kesombongan
b. kebersamaan
c. kemenangan
d. kontradiksi
13. Bila ada temanmu yang adu, maka sikapmu ialah ….
a. membela
b. melerai
c. mendukung
d. ikut sabung
14. Persatuan Indonesia sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan lambang ....
a. padi dan kapas
b. kepala banteng
c. pohon beringin
d. bintang
15. Salah satu cara seorang pelajar berpartisipasi dalam pembangunan yakni
a. bekerja dengan giat
b. siap membantu negara menghasilkan devisa
c. rajin membayar pajak penghasilan
d. belajar dengan rajin
16. Persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa Indonesia harus dijaga. Untuk mewujudkan hal tersebut, sikap yang harus dipupuk yakni ....
a. egoisme
b. sukuisme
c. toleransi
d. ekstremisme
17. Wilayah Indonesia didiami oleh banyak suku bangsa dengan berbagai keanekaragaman. Sikap kita terhadap keanekaragaman tersebut adalah ….
a. membencinya
b. menghindarinya
c. menghormatinya
d. mempermasalahkannya
18. Nilai utama yang mampu dipetik dari peristiwa Sumpah Pemuda yakni ....
a. semangat persatuan dan kesatuan bangsa
b. perilaku kerukunan para pemuda
c. pujian sebagai bangsa Indonesia
d. semangat perang melawan Belanda
19. Salah satu tindakan yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yaitu….
a. menyaring budaya ajaib yang masuk ke Indonesia
b. membina kerukunan hidup
c. menganggap budaya sukunya paling tinggi
d. mempelajari budaya asing yang sesuai
20. Salah satu acara di lingkungan masyarakat yang mencerminkan sikap menjaga keutuhan negara kesatuan yaitu ....
a. menjaga keamanan lingkungan
b. memanfaatkan lingkungan
c. membuang sampah di sungai
d. merusak lingkungan sekitar
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan sikap gotong royong? Sebutkan beberapa manfaat dari aktivitas
tolong-menolong!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
2. Sebutkan teladan kegiatan masyarakat sebagai wujud tugas serta dalam menjaga NKRI!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
3. Berikan acuan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di sekolah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
4. Mengapa kerukunan hidup dikatakan sebagai modal utama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
5. Sebutkan arti penting Sumpah Pemuda bagi Bangsa Indonesia !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
6. Berikan pola beberapa organisasi kepemudaan yang bersifat kedaerahan namun tetap memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
7. Apa yang dimaksud Sumpah Pemuda?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
8. Perlukah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia? Apa yang mampu dilakukan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
9. Kerukunan diharapkan untuk menjaga persatuan bangsa ini. Jelaskan maksudnya!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
10. Apa yang kamu lakukan terhadap pengaruh dari luar yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa lndonesia?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
11. Bagaimana upaya menggalang persatuan antarpemuda?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
12. Berikan pola pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di sekolah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
13. Dapatkah kemerdekaan diraih bangsa Indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan? Jelaskan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
14. Berikan acuan mengutamakan kepentingan umum di lingkungan masyarakat !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
15. Jelaskan ihwal budaya bahu-membahu yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
16. Bagaimana caramu berkomunikasi dengan suku bangsa lain?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
17. Sebutkan lima macam keanekaragaman yang ada di Indonesia!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
18. Mengapa perbedaan pendapat tidak dapat disebut sebagai alat pemecah persatuan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
19. Apa yang dapat kamu lakukan untuk menawarkan bahwa kau gembira menjadi anak Indonesia? Sebutkan 3 saja!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
20. Bagaimana cara kalian menghargai keragaman suku bangsa dan budaya?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
2. b. tidak terlibat dalam agresi tawuran pelajar
3. b. Kongres Pemuda II
4. c. persatuan
5. d. seluruh rakyat Indonesia
6. a. menghargai pendapat orang lain
7. d. tumpah darah
8. c. dinasihati supaya tidak membeda-bedakan
9. b. persatuan
10. b. berbeda-beda suku bangsa, bahasa, dan etika istiadat tetapi tetap satu juga
11. c. Proklamasi Kemerdekaan
12. b. kebersamaan
13. b. melerai
14. c. pohon beringin
15. d. belajar dengan rajin
16. c. toleransi
17. c. menghormatinya
18. a. semangat persatuan dan kesatuan bangsa
19. c. menganggap budaya sukunya paling tinggi
20. a. menjaga keamanan lingkungan
2. acara siskamling, acara kerja bakti, aktivitas sosialisasi bertemakan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan NKRI
3. rukun dengan sobat, mengikuti upacara bendera, menghormati guru
4. sebab dengan kerukunan maka akan tercipta kedamaian sehingga bangsa Indonesia tidak akan mudah terpecah belah
5. Arti penting sumpah perjaka :
1. Mendorong semangat persatuan dan kesatuan
2. Mendorong semangat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan.
3. Pertumbuhan bahasa Indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan Indonesia.
6. Jong Sumatranen Bond dan Jong Java
7. Sumpah Pemuda adalah ikrar para perjaka pada tanggal 28 Oktober 1928 sebagai tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia
8. perlu. Yang mampu dilakukan adalah saling menghormati dan menjaga kerukunan
9. Kerukunan diharapkan untuk menjaga persatuan bangsa maksudnya yakni saat kerukunan tercipta, maka tercipta pula persatuan
10. mengabaikannya
11. Melakukan aktivitas positif melalui organisasi kepemudaan acuan : karang taruna, remaja masjid
12. Contoh pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di sekolah :
1. Menghormati teman yang berbeda suku dan agama
2. Menghargai pendapat sobat
3. Mengikuti upacara dengan khidmat
4. Menjalin persahabatan dan menjauhi permusuhan
5. Menghormati guru
13. Tidak. Karena persatuan dan kesatuan bangsa yaitu senjata paling ampuh untuk melawan penjajah
14. melaksanakan musyawarah untuk menuntaskan persoalan, mengikuti kerja bakti
15. Gotong royong adalah suatu acara yang dilakukan secara tolong-menolong dan bersifat suka rela dan telah dilakukan masyarakat Indonesia semenjak dulu terutama di tempat pedesaan
16. Cara berkomunikasi dengan suku bangsa lain adalah dengan menggunakan bahasa persatuan adalah Bahasa Indonesia
17. Lima macam keanekaragaman yang ada di Indonesia :
Keragaman agama
Keragaman suku
Keragaman bahasa
Keberagaman akhlak istiadat
Keberagaman budaya
18. alasannya adalah perbedaan masih bisa disatukan dengan cara musyawarah untuk mufakat
19. menggunakan produk dalam negeri, melestarikan budaya indonesia dengan cara mempelajarinya, dikala sedang berada di luar negeri tetap mengaku sebagai anak indonesia
20. dengan cara menghormati suku bangsa, mempelajari dan ikut melestarikan budaya
Download Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel PPKn dan Kunci Jawaban
Itulah Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel PPKn dan Kunci Jawaban yang bisa aku bagikan. Semoga bermanfaat.
Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 (PPKn)
I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan balasan yang paling benar !
1. Organisasi pergerakan nasional yang pertama di Indonesia adalah ....
a. Tiga Serangkai
b. Tri Koro Darmo
c. Budi Utomo
d. Jong Java
2. Pelajar dapat berperan dalam rangka menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa Indonesia dengan cara ….
a. ikut bergabung dalam organisasi masyarakat
b. tidak terlibat dalam agresi tawuran pelajar
c. mengikuti bimbingan belajar mandiri
d. berangkat sekolah tepat waktu
3. Peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 ialah ....
a. Kongres Pemuda l
b. Kongres Pemuda II
c. Rapat Raksasa di Lapangan Ikada
d. Agresi Militer
4. Kami putra dan putri indonesia, menjunjung bahasa .... bahasa Indonesia. Bagian yang hilang dari teks bersejarah di atas adalah ....
a. kawasan
b. nasional
c. persatuan
d. satu
5. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menjadi tanggung jawab ....
a. pemerintah
b. Tentara Nasional Indonesia dan Polisi Republik Indonesia
c. tokoh agama
d. seluruh rakyat Indonesia
6. Semangat persatuan dan kesatuan harus kita terapkan dalam kehidupan. Contah sikap yang memperlihatkan hal tersebut adalah ….
a. menghargai pendapat orang lain
b. tidak suka musyawarah
c. tidak suka membantu orang lain
d. sulit berteman
7. Salah satu persamaan yang dimiliki bangsa Indonesia dan diikrarkan dalam Sumpah Pemuda yang harus kita jaga adalah ....
а. agama
b. bahasa daerah
c. warna kulit
d. tumpah darah
8. Jika ada sobat yang suka bergaul dengan orang yang kaya saja sebaiknya ....
a. kita dukung sepenuhnya
b. kita dekati karena sama dengan kita
c. dinasihati biar tidak membeda-bedakan
d. kita puji sebab sobat-temannya kaya
9. Putu, Wirya, dan Samuel berasal dari daerah yang berbeda-beda. Namun, mereka menjadi ternan
satu kelas. Dalam keseharian, mereka memakai Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Contoh di atas merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan ....
a. pertikaian
b. persatuan
c. permusuhan
d. pertengkaran
10. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti ....
a. berbeda-beda suku bangsa, bahasa, dan akhlak istiadat tetapi tetap berwarna
b. berbeda-beda suku bangsa, bahasa, dan adat istiadat tetapi tetap satu juga
c. kalau bersatu kita akan menang dan jikalau bercerai kita gampang d'kalahkan
d. maju terus pantang mundur
11. Buah dari tercetusnya Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia yaitu ....
a. Perdamaian
b. Perang kemerdekaan
c. Proklamasi Kemerdekaan
d. Bhinneka Tunggal Ika
12. Persatuan dan kesatuan menumbuhkan semangat ....
a. kesombongan
b. kebersamaan
c. kemenangan
d. kontradiksi
13. Bila ada temanmu yang adu, maka sikapmu ialah ….
a. membela
b. melerai
c. mendukung
d. ikut sabung
14. Persatuan Indonesia sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan lambang ....
a. padi dan kapas
b. kepala banteng
c. pohon beringin
d. bintang
15. Salah satu cara seorang pelajar berpartisipasi dalam pembangunan yakni
a. bekerja dengan giat
b. siap membantu negara menghasilkan devisa
c. rajin membayar pajak penghasilan
d. belajar dengan rajin
16. Persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa Indonesia harus dijaga. Untuk mewujudkan hal tersebut, sikap yang harus dipupuk yakni ....
a. egoisme
b. sukuisme
c. toleransi
d. ekstremisme
17. Wilayah Indonesia didiami oleh banyak suku bangsa dengan berbagai keanekaragaman. Sikap kita terhadap keanekaragaman tersebut adalah ….
a. membencinya
b. menghindarinya
c. menghormatinya
d. mempermasalahkannya
18. Nilai utama yang mampu dipetik dari peristiwa Sumpah Pemuda yakni ....
a. semangat persatuan dan kesatuan bangsa
b. perilaku kerukunan para pemuda
c. pujian sebagai bangsa Indonesia
d. semangat perang melawan Belanda
19. Salah satu tindakan yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yaitu….
a. menyaring budaya ajaib yang masuk ke Indonesia
b. membina kerukunan hidup
c. menganggap budaya sukunya paling tinggi
d. mempelajari budaya asing yang sesuai
20. Salah satu acara di lingkungan masyarakat yang mencerminkan sikap menjaga keutuhan negara kesatuan yaitu ....
a. menjaga keamanan lingkungan
b. memanfaatkan lingkungan
c. membuang sampah di sungai
d. merusak lingkungan sekitar
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan sikap gotong royong? Sebutkan beberapa manfaat dari aktivitas
tolong-menolong!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
2. Sebutkan teladan kegiatan masyarakat sebagai wujud tugas serta dalam menjaga NKRI!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
3. Berikan acuan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di sekolah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
4. Mengapa kerukunan hidup dikatakan sebagai modal utama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
5. Sebutkan arti penting Sumpah Pemuda bagi Bangsa Indonesia !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
6. Berikan pola beberapa organisasi kepemudaan yang bersifat kedaerahan namun tetap memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
7. Apa yang dimaksud Sumpah Pemuda?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
8. Perlukah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia? Apa yang mampu dilakukan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
9. Kerukunan diharapkan untuk menjaga persatuan bangsa ini. Jelaskan maksudnya!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
10. Apa yang kamu lakukan terhadap pengaruh dari luar yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa lndonesia?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
11. Bagaimana upaya menggalang persatuan antarpemuda?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
12. Berikan pola pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di sekolah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
13. Dapatkah kemerdekaan diraih bangsa Indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan? Jelaskan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
14. Berikan acuan mengutamakan kepentingan umum di lingkungan masyarakat !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
15. Jelaskan ihwal budaya bahu-membahu yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
16. Bagaimana caramu berkomunikasi dengan suku bangsa lain?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
17. Sebutkan lima macam keanekaragaman yang ada di Indonesia!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
18. Mengapa perbedaan pendapat tidak dapat disebut sebagai alat pemecah persatuan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
19. Apa yang dapat kamu lakukan untuk menawarkan bahwa kau gembira menjadi anak Indonesia? Sebutkan 3 saja!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
20. Bagaimana cara kalian menghargai keragaman suku bangsa dan budaya?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................
Kunci Jawaban Room I
1. c. Budi Utomo2. b. tidak terlibat dalam agresi tawuran pelajar
3. b. Kongres Pemuda II
4. c. persatuan
5. d. seluruh rakyat Indonesia
6. a. menghargai pendapat orang lain
7. d. tumpah darah
8. c. dinasihati supaya tidak membeda-bedakan
9. b. persatuan
10. b. berbeda-beda suku bangsa, bahasa, dan etika istiadat tetapi tetap satu juga
11. c. Proklamasi Kemerdekaan
12. b. kebersamaan
13. b. melerai
14. c. pohon beringin
15. d. belajar dengan rajin
16. c. toleransi
17. c. menghormatinya
18. a. semangat persatuan dan kesatuan bangsa
19. c. menganggap budaya sukunya paling tinggi
20. a. menjaga keamanan lingkungan
Kunci Jawaban Room II
1. bantu-membantu adalah bekerja tolong-menolong. Manfaatnya pekerjaan berat menjadi ringan, pekerjaan cepat akhir2. acara siskamling, acara kerja bakti, aktivitas sosialisasi bertemakan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan NKRI
3. rukun dengan sobat, mengikuti upacara bendera, menghormati guru
4. sebab dengan kerukunan maka akan tercipta kedamaian sehingga bangsa Indonesia tidak akan mudah terpecah belah
5. Arti penting sumpah perjaka :
1. Mendorong semangat persatuan dan kesatuan
2. Mendorong semangat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan.
3. Pertumbuhan bahasa Indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan Indonesia.
6. Jong Sumatranen Bond dan Jong Java
7. Sumpah Pemuda adalah ikrar para perjaka pada tanggal 28 Oktober 1928 sebagai tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia
8. perlu. Yang mampu dilakukan adalah saling menghormati dan menjaga kerukunan
9. Kerukunan diharapkan untuk menjaga persatuan bangsa maksudnya yakni saat kerukunan tercipta, maka tercipta pula persatuan
10. mengabaikannya
11. Melakukan aktivitas positif melalui organisasi kepemudaan acuan : karang taruna, remaja masjid
12. Contoh pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di sekolah :
1. Menghormati teman yang berbeda suku dan agama
2. Menghargai pendapat sobat
3. Mengikuti upacara dengan khidmat
4. Menjalin persahabatan dan menjauhi permusuhan
5. Menghormati guru
13. Tidak. Karena persatuan dan kesatuan bangsa yaitu senjata paling ampuh untuk melawan penjajah
14. melaksanakan musyawarah untuk menuntaskan persoalan, mengikuti kerja bakti
15. Gotong royong adalah suatu acara yang dilakukan secara tolong-menolong dan bersifat suka rela dan telah dilakukan masyarakat Indonesia semenjak dulu terutama di tempat pedesaan
16. Cara berkomunikasi dengan suku bangsa lain adalah dengan menggunakan bahasa persatuan adalah Bahasa Indonesia
17. Lima macam keanekaragaman yang ada di Indonesia :
Keragaman agama
Keragaman suku
Keragaman bahasa
Keberagaman akhlak istiadat
Keberagaman budaya
18. alasannya adalah perbedaan masih bisa disatukan dengan cara musyawarah untuk mufakat
19. menggunakan produk dalam negeri, melestarikan budaya indonesia dengan cara mempelajarinya, dikala sedang berada di luar negeri tetap mengaku sebagai anak indonesia
20. dengan cara menghormati suku bangsa, mempelajari dan ikut melestarikan budaya
Download Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel PPKn dan Kunci Jawaban
Itulah Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel PPKn dan Kunci Jawaban yang bisa aku bagikan. Semoga bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Ppkn Dan Kunci Tanggapan"
Posting Komentar