Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia Dan Kunci Tanggapan
Berikut ini yaitu teladan latihan Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia dan Kunci Jawaban untuk Tahun Ajaran 2019/2020. Semoga Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 mata pelajaran Bahasa Indonesia ini dapat dijadikan referensi untuk berguru khususnya adik-adik kelas 5 yang sudah memakai Kurikulum 2013.
I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1 Teks yang dibentuk menurut fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi dalam
kehidupan kita sehari-hari disebut teks ....
a. fiksi
b. nonfiksi
c. naratif
d. deskriptif
2. Pokok pikiran dalam sebuah paragraf mampu dipahami dengan gampang melalui ....
a. kalimat pertama
b. seluruh paragraf
c. kalimat terakhir
d. kalimat utama
3. Penjabaran dari wangsit pokok paragraf dilakukan oleh ....
a. kalimat penjelas
b. kalimat penghubung
c. kalimat tanya
d. kalimat perintah
Perhatikan paragraf berikut untuk soal nomor 4 dan 5 !
Setiap hari Jumat,sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih. Untuk memperlancar aktivitas tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan, seperti sapu dan kemoceng
Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah, tetapi juga
mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.
4. Ide pokok dalam paragraf di atas terletak pada ....
a. awal paragraf
b. tengah paragraf
c. tamat paragraf
d. seluruh paragraf
5. Kalimat utama dalam paragraf di atas adalah ….
a. Untuk memperlancar aktivitas tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan.
b. Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah
c. Gerakan mengharumkan sekolah.
d. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan aktivitas Jumat Bersih.
6. Jika kau diminta mengamati cara pengolahan susu sapi, lokasi pengamatan yang tepat adalah ....
a. pabrik pengolahan susu sapi
b. pemilik sapi perah
c. penjual susu segar
d. daerah pemerahan susu sapi
7. Bahasa yang dipakai dalam penulisan laporan pengamatan ialah ....
a. gaul
b. baku
c. sehari-hari
d. tidak baku
Perhatikan paragraf berikut!
Sumber utama data kependudukan adalah Sensus Penduduk, yang dilaksanakan setiap sepuluh
Tahun sekali. Sensus Penduduk telah dilaksanakan sebanyak enam kali semenjak merdeka, yakni tahun
1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan yang terakhir tahun 2010. Selain Sensus Penduduk juga dilakukan Survei Penduduk Antar sensus yang dilaksanakan antara dua periode sensus.
8. Pokok pikiran paragraf di atas yaitu ....
a. sensus penduduk terakhir dilakukan pada tahun 2010
b. sensus penduduk dibantu dengan pelaksanaan survei penduduk antarsensus
c. sumber utama data kependudukan yaitu sensus penduduk
d. sensus penduduk telah dilaksanakan sebanyak enam kali
9. Sebelum menulis karangan nonfiksi, sebaiknya didahului dengan membuat ....
a. panjang karangan
b. tujuan karangan
c. judul karangan
d. kerangka karangan
10. Hutan yakni salah satu kawasan yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon dan bermacam-macam binatang. Hutan biasanya berada di kawasan pinggiran kota dan berhawa sejuk.
Ide pokok paragraf di atas yaitu ….
a. Hutan berhawa sejuk
b. Hutan ialah kawasan yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon, dan beragam hewan.
c. Hutan yaitu tempat yang alami.
d. Hutan berisi ribuan jenis pohon dan bermacam-macam flora.
11. Sebuah teks memiliki judul "Pengaruh Penebangan Liar terhadap Kehidupan Hewan". Jika dicermati dengan saksama, teks tersebut termasuk kategori ....
a. fabel
b. novel
c. anekdot
d. teks nonfiksi
12. Kerusakan ekosistem laut disebabkan oleh penangkapan ikan dengan materi peledak. Informasi di atas dapat diketahui dengan kata tanya….
a. siapa
b. kapan
c. di mana
d. mengapa
13. Ide pokok yang berada di kalimat awal sebuah paragraf merupakan ciri paragraf ....
a. deduktif
b. deskriptif
c. induktif
d. naratif
14. Kalimat topik dalam sebuah paragraf diperinci dengan ….
a. kalimat penjelas
b. gambar
c. tabel pemerian
d. catatan kaki
15. Perhatikan teks berikut ini!
Nelayan sudah mengetahui ikan mati sebetulnya semenjak Kamis kemarin. Semula nelayan masih menganggap normal. Tapi hari ini jumlah ikan yang mati semakin banyak, sehingga membuat gundah. Apa lagi warna kemerah-merahan bertambah luas hingga ke tengah bahari. Kalau banyak ikan kecil yang mati pasti tangkapan ikan akan berkurang keluh para nelayan.
Hal pokok yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ....
a. Semula nelayan masih menganggapnya wajar.
b. Jumlah ikan yang mati makin banyak dan warna kemerah-merahan bertambah luas.
c. Nelayan sudah mengetahui ikan mati semenjak hari Kamis
d. Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.
16. Ide utama dari sebuah paragraf ialah ….
а. pikiran penjelas
b. pikiran pokok
c. tema
d. kalimat tanya
Perhatikan teks bacaan berikut ini!
Jalan Layang
Jalan di kota besar banyak jumlahnya. Selain banyak, jalan di kota-kota besar lebar dan dilengkapi dengan trotoar. Jalan yang lebar itu ditujukan bagi kendaraan, sedangkan trotoar ditujukan bagi pejalan kaki.
Jumlah kendaraan semakin hari semakin banyak menciptakan suasana di persimpangan
jalan juga semakin padat. Di persimpangan itu, biasanya dipasang lampu kemudian lintas. Karena semakin hari semakin padat, pada beberapa persimpangan yang paling ramai, dibentuk jalan di-atas jalan, namanya jalan layang.
17. Pikiran pokok paragraf pertama adalah ....
а. Jalan di kota besar lebar.
b. Jalan di kota besar banyak jumlahnya.
c. Jalan yang lebar untuk kendaraan.
d. Trotoar untuk pejalan kaki.
18. Kalimat utama diuraikan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf yang disebut kalimat...
a. penjelas
b. utama
c. pokok
d. pendukung
19. Perhatikan percakapan berikut ini!
Andi : "Ton, bagaimana kau dapat memelihara hewan piaraanmu dengan baik? Kamu tentu memberi makan dengan baik, kan?"
Anton : : "Tentu saja, Andi. Orang tuaku tidak akan memberikan izin memelihara hewan di rumah bila saya tidak dapat memeliharanya dengan baik."
Informasi yang diperoleh dari percakapan di atas adalah ....
a. Anton mampu memelihara hewan dengan baik.
b. Anton tidak memelihara hewan dengan baik
c. Andi mampu memelihara hewan dengan baik.
d. Andi bahagia bisa memelihara hewan dengan baik.
20. Bacalah teks berikut ini dengan saksama !
Ekosistem yang tidak seimbang akan berdampak eksklusif pada keberlangsungan hidup insan kelak. Ekosistem yang paling banyak mengalami ketidakseimbangan balasan ulah manusia ialah ekosistem darat dan bahari. Akibat dari ketidakseimbangan ekosistem ini, populasi makhluk hidup yang ada di dalamnya akan berkurang atau hilang. Agar bumi menjadi daerah yang kondusif untuk ditempati, keseimbangan ekosistem hutan dan maritim perlu dijaga.
Kalimat topik paragraf di atas yakni ....
a. Keseimbangan ekosistem hutan dan bahari perlu dijaga.
b. Ekosistem yang paling banyak mengalami ketidakseimbangan balasan ulah insan yakni ekosistem darat dan laut.
c. Ekosistem yang tidak seimbang akan berdampak langsung pada keberlangsungan hidup insan kelak.
d. Populasi makhluk hidup yang ada di dalamnya akan berkurang atau hilang.
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Bagaimana ciri-ciri teks nonfiksi?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
2. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memahami isi teks nonfiksi!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
3. Apa fungsi dari peta pikiran?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
4. Perhatikan paragraf berikut!
Pencemaran yang disebabkan ulah insan menciptakan alam tidak mampu kembali ke kondisi semula, Alam menjadi kehilangan kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi.
Apa pokok pikiran paragraf di atas?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
5. Tuliskan cara membuat ringkasan yang baik!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
6. Perhatikan paragraf berikut!
Kegiatan faktual banyak jenisnya. Ada aktivitas yang memerlukan tenaga saja sampai memerlukan
fatwa. Contoh aktivitas yang memerlukan tenaga, misalnya berkebun. Contoh kegiatan yang
memerlukan pemikiran, contohnya belajar.
Apa gagasan utama paragraf di atas?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
7. Uraikan langkah-langkah menciptakan teks norfiksi!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
8. Apa yang kau ketahui tentang ringkasan paragraf?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
9. Perhatikan teks berikut !
Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka terletak di Yogyakarta. Perjalanan dari Solo menuju Kebun Binatang Gembira Loka dapat ditempuh selama dua jam. Kebun hewan ini adalah salah satu daerah wisata yang banyak digemari. Di kebun hewan, pengunjung mampu melihat beraneka ragam binatang. Baik hewan buas, binatang bertubuh besar maupun kecil. Semua binatang tersebut dirawat dengan baik. Diperhatikan kesehatan dan makanannya. Binatang-hewan ditempatkan sesuai dengan lingkungan hidupnya. Binatang yang hidup di air seperti buaya dan kuda nil ditempatkan di bak-kolam besar. Binatang buas dibuatkan sangkar yang berpengaruh. Burung dibuatkan kawasan khusus, berupa sangkar-kandang yang luas. Semua itu memudahkan pengunjung untuk melihat secara bersahabat perilaku hewan tanpa takut diterkam.
Buatlah ringkasan dari bacaan di atas !
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
10. Tuliskan sebuah teks singkat ihwal pengalaman pribadimu!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
11. Apa yang dimaksud dengan membaca intensif?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
12. Sebutkan beberapa jenis kata tanya beserta fungsinya!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
13. Bagaimana cara menemukan sebuah kalimat topik dalam bacaan?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
14. Apa yang dimaksud dengan membaca memindai ?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
15. Apa saja langkah penting dalam membaca sekilas?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
16. Apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
17. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan,seperti sapu dan kemoceng. Kegiatan Jumat Bersih ahad ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah, tetapl juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.
Temukan kalimat utama dalam paragraf di atas!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
18. Sebutkan langkah-langkah dalam menyusun karangan nonfiksi!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
19. Apa yang dimaksud dengan laporan kunjungan?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
20. Sebutkan kata tanya yang dipakai dalam menciptakan suatu pertanyaan! Berikan misalnya!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
2. d. kalimat utama
3. a. kalimat penjelas
4. a. awal paragraf
5. d. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan aktivitas Jumat Bersih.
6. a. pabrik pengolahan susu sapi
7. b. baku
8. c. sumber utama data kependudukan yaitu sensus penduduk
9. d. kerangka karangan
10. a. deduktif
11. c. Hutan yakni tempat yang alami.
12. d. teks nonfiksi
13. d. mengapa
14. a. kalimat penjelas
15. d. Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.
16. b. pikiran pokok
17. b. Jalan di kota besar banyak jumlahnya.
18. a. penjelas
19. a. Anton dapat memelihara hewan dengan baik.
20. a. Keseimbangan ekosistem hutan dan laut perlu dijaga.
a. Ditulis dengan tidak memakai gaya bahasa.
b. Sifat katanya denotatif atau dengan makna sebenarnya.
c. Berbentuk karangan ilmiah.
d. Ditulis berdasarkan pengamatan atau penelitian
e. Tulisan menurut kenyataan
2. judul teks, penggunaan bahasa, menurut fakta
3. Fungsi dari peta pikiran ialah untuk membuat catatan hal-hal penting yang saling berkaitan untuk keperluan tertentu
4. Pencemaran yang disebabkan ulah insan
5. Cara menciptakan ringkasan yang baik :
-membaca dengan cermat bacaan yang akan di ringkas
-menulis pokok-pokok penting dari bacaan
-menulis pokok-pokok tersebut menjadi paragraf
6. Kegiatan positif banyak jenisnya.
7. Langkah-langkah membuat teks norfiksi :
1. Menentukan tema
2. Merumuskan tujuan
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
4. Menyusun kerangka karangan (seperti pembukaan, isi, penutup)
5. Menyusun paragraf
8. Ringkasan paragraf yaitu pokok-pokok terpenting dari sebuah paragraf
9. Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta yaitu salah satu tempat wisata yang banyak digemari. Semua binatang dirawat dengan baik. Diperhatikan kesehatan dan makanannya. Kebun binatang ini juga memudahkan pengunjung untuk melihat secara erat sikap hewan tanpa takut diterkam.
10. Aku termasuk murid yang berprestasi. Semua pelajaran sekolah saya sukai. Pelajaran matematika mampu dibilang akulah jagonya. Yang paling tidak aku suka di sekolah yaitu saat ulangan. Bukan alasannya ulangannya. Tapi karena ulah sobat-temanku. Kebetulan aku punya sahabat satu dingklik dan dua sobat di kursi belakangku. Ketiganya itu sangatlah menyebalkan. Bagaimana tidak. Mereka itu suka menyontek. Makara setiap ulangan akulah yang harus mencar ilmu sementara mereka kerjanya hanya menyontek. Jika saya tidak menawarkan jawabannya, maka saya dimusuhi. Aku selalu saja berdasarkan sebab saya takut dengan ketiga temanku yang semuanya bertubuh besar.
11. Membaca intensif ialah membaca suatu bacaan dengan sungguh-sungguh dan memahami isi bacaan
12. Ada 7 kata yang termasuk ke dalam kelompok kata tanya, adalah sebagai berikut :
1. Apa, fungsinya untuk menanyakan sesuatu.
2. Siapa, fungsinya untuk menanyakan mengenai pelaku suatu kejadian.
3. Kapan, fungsinya untuk menanyakan waktu berlangsungnya suatu kerjadian.
4. (di, ke, dari) mana, fungsinya adalah untuk menanyakan daerah
5. Mengapa, fungsinya untuk menanyakan alasan atau penyebab suatu peristiwa.
6. Bagaimana fungsinya untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan proses atau cara
7. Berapa, fungsinya untuk menanyakan jumlah, banyaknya, atau satuan.
13. Cara menemukan sebuah kalimat topik dalam bacaan :
a. Melihat pada judul bacaan.
b. Menemukan kalimat utama yang biasanya terletak pada bab awal atau bagian final paragraf bacaan.
c. Menemukan kata kunci yang terdapat dalam bacaan.
14. Membaca memindai yakni membaca untuk menemukan berita secara cepat dan sempurna.
Contoh : mencari nomor telepon, mencari kata dalam kamus
15. Kenali bahan bacaan, kenali wangsit pokok, lakukan pergerakan mata dengan cepat
16. Teks non-fiksi yaitu teks yang dibentuk menurut kenyataan yang ada, realita tanpa mengada-ada, atau hal yang benar terjadi dalam kehidupan.
17. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan aktivitas Jumat Bersih.
18. Langkah-langkah dalam menyusun karangan nonfiksi :
1. Menentukan tema
2. Merumuskan tujuan
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
4. Menyusun kerangka karangan
5. Menyusun paragraf
19. Laporan kunjungan yaitu suatu laporan yang dibentuk atau ditulis sesudah melaksanakan kunjungan
20. Kata tanya dan contohnya :
1. Apa, contohnya : Apa warna kesukaanmu?
2. Siapa, misalnya : Siapa nama adikmu?
3. Kapan, contohnya : Kapan kau ke rumahku?
4. (di, ke, dari) mana, contohnya : Di mana tempat paling kondusif untuk menyimpan uang ?
5. Mengapa, contohnya : Mengapa kamu tidak datang di pesta ulang tahunku?
6. Bagaimana, contohnya : Bagaimana cara membuat bunga sebagus ini ?
7. Berapa, misalnya : Berapa banyak air yang kau minum dalam sehari?
Download Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia dan Kunci Jawaban
Itulah Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia dan Kunci Jawaban yang mampu saya bagikan. Semoga bermanfaat.
Soal Tematik Tema 5 Kelas 5 (Bahasa Indonesia)
\
I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1 Teks yang dibentuk menurut fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi dalam
kehidupan kita sehari-hari disebut teks ....
a. fiksi
b. nonfiksi
c. naratif
d. deskriptif
2. Pokok pikiran dalam sebuah paragraf mampu dipahami dengan gampang melalui ....
a. kalimat pertama
b. seluruh paragraf
c. kalimat terakhir
d. kalimat utama
3. Penjabaran dari wangsit pokok paragraf dilakukan oleh ....
a. kalimat penjelas
b. kalimat penghubung
c. kalimat tanya
d. kalimat perintah
Perhatikan paragraf berikut untuk soal nomor 4 dan 5 !
Setiap hari Jumat,sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih. Untuk memperlancar aktivitas tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan, seperti sapu dan kemoceng
Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah, tetapi juga
mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.
4. Ide pokok dalam paragraf di atas terletak pada ....
a. awal paragraf
b. tengah paragraf
c. tamat paragraf
d. seluruh paragraf
5. Kalimat utama dalam paragraf di atas adalah ….
a. Untuk memperlancar aktivitas tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan.
b. Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah
c. Gerakan mengharumkan sekolah.
d. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan aktivitas Jumat Bersih.
6. Jika kau diminta mengamati cara pengolahan susu sapi, lokasi pengamatan yang tepat adalah ....
a. pabrik pengolahan susu sapi
b. pemilik sapi perah
c. penjual susu segar
d. daerah pemerahan susu sapi
7. Bahasa yang dipakai dalam penulisan laporan pengamatan ialah ....
a. gaul
b. baku
c. sehari-hari
d. tidak baku
Perhatikan paragraf berikut!
Sumber utama data kependudukan adalah Sensus Penduduk, yang dilaksanakan setiap sepuluh
Tahun sekali. Sensus Penduduk telah dilaksanakan sebanyak enam kali semenjak merdeka, yakni tahun
1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan yang terakhir tahun 2010. Selain Sensus Penduduk juga dilakukan Survei Penduduk Antar sensus yang dilaksanakan antara dua periode sensus.
8. Pokok pikiran paragraf di atas yaitu ....
a. sensus penduduk terakhir dilakukan pada tahun 2010
b. sensus penduduk dibantu dengan pelaksanaan survei penduduk antarsensus
c. sumber utama data kependudukan yaitu sensus penduduk
d. sensus penduduk telah dilaksanakan sebanyak enam kali
9. Sebelum menulis karangan nonfiksi, sebaiknya didahului dengan membuat ....
a. panjang karangan
b. tujuan karangan
c. judul karangan
d. kerangka karangan
10. Hutan yakni salah satu kawasan yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon dan bermacam-macam binatang. Hutan biasanya berada di kawasan pinggiran kota dan berhawa sejuk.
Ide pokok paragraf di atas yaitu ….
a. Hutan berhawa sejuk
b. Hutan ialah kawasan yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon, dan beragam hewan.
c. Hutan yaitu tempat yang alami.
d. Hutan berisi ribuan jenis pohon dan bermacam-macam flora.
11. Sebuah teks memiliki judul "Pengaruh Penebangan Liar terhadap Kehidupan Hewan". Jika dicermati dengan saksama, teks tersebut termasuk kategori ....
a. fabel
b. novel
c. anekdot
d. teks nonfiksi
12. Kerusakan ekosistem laut disebabkan oleh penangkapan ikan dengan materi peledak. Informasi di atas dapat diketahui dengan kata tanya….
a. siapa
b. kapan
c. di mana
d. mengapa
13. Ide pokok yang berada di kalimat awal sebuah paragraf merupakan ciri paragraf ....
a. deduktif
b. deskriptif
c. induktif
d. naratif
14. Kalimat topik dalam sebuah paragraf diperinci dengan ….
a. kalimat penjelas
b. gambar
c. tabel pemerian
d. catatan kaki
15. Perhatikan teks berikut ini!
Nelayan sudah mengetahui ikan mati sebetulnya semenjak Kamis kemarin. Semula nelayan masih menganggap normal. Tapi hari ini jumlah ikan yang mati semakin banyak, sehingga membuat gundah. Apa lagi warna kemerah-merahan bertambah luas hingga ke tengah bahari. Kalau banyak ikan kecil yang mati pasti tangkapan ikan akan berkurang keluh para nelayan.
Hal pokok yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ....
a. Semula nelayan masih menganggapnya wajar.
b. Jumlah ikan yang mati makin banyak dan warna kemerah-merahan bertambah luas.
c. Nelayan sudah mengetahui ikan mati semenjak hari Kamis
d. Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.
16. Ide utama dari sebuah paragraf ialah ….
а. pikiran penjelas
b. pikiran pokok
c. tema
d. kalimat tanya
Perhatikan teks bacaan berikut ini!
Jalan Layang
Jalan di kota besar banyak jumlahnya. Selain banyak, jalan di kota-kota besar lebar dan dilengkapi dengan trotoar. Jalan yang lebar itu ditujukan bagi kendaraan, sedangkan trotoar ditujukan bagi pejalan kaki.
Jumlah kendaraan semakin hari semakin banyak menciptakan suasana di persimpangan
jalan juga semakin padat. Di persimpangan itu, biasanya dipasang lampu kemudian lintas. Karena semakin hari semakin padat, pada beberapa persimpangan yang paling ramai, dibentuk jalan di-atas jalan, namanya jalan layang.
17. Pikiran pokok paragraf pertama adalah ....
а. Jalan di kota besar lebar.
b. Jalan di kota besar banyak jumlahnya.
c. Jalan yang lebar untuk kendaraan.
d. Trotoar untuk pejalan kaki.
18. Kalimat utama diuraikan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf yang disebut kalimat...
a. penjelas
b. utama
c. pokok
d. pendukung
19. Perhatikan percakapan berikut ini!
Andi : "Ton, bagaimana kau dapat memelihara hewan piaraanmu dengan baik? Kamu tentu memberi makan dengan baik, kan?"
Anton : : "Tentu saja, Andi. Orang tuaku tidak akan memberikan izin memelihara hewan di rumah bila saya tidak dapat memeliharanya dengan baik."
Informasi yang diperoleh dari percakapan di atas adalah ....
a. Anton mampu memelihara hewan dengan baik.
b. Anton tidak memelihara hewan dengan baik
c. Andi mampu memelihara hewan dengan baik.
d. Andi bahagia bisa memelihara hewan dengan baik.
20. Bacalah teks berikut ini dengan saksama !
Ekosistem yang tidak seimbang akan berdampak eksklusif pada keberlangsungan hidup insan kelak. Ekosistem yang paling banyak mengalami ketidakseimbangan balasan ulah manusia ialah ekosistem darat dan bahari. Akibat dari ketidakseimbangan ekosistem ini, populasi makhluk hidup yang ada di dalamnya akan berkurang atau hilang. Agar bumi menjadi daerah yang kondusif untuk ditempati, keseimbangan ekosistem hutan dan maritim perlu dijaga.
Kalimat topik paragraf di atas yakni ....
a. Keseimbangan ekosistem hutan dan bahari perlu dijaga.
b. Ekosistem yang paling banyak mengalami ketidakseimbangan balasan ulah insan yakni ekosistem darat dan laut.
c. Ekosistem yang tidak seimbang akan berdampak langsung pada keberlangsungan hidup insan kelak.
d. Populasi makhluk hidup yang ada di dalamnya akan berkurang atau hilang.
1. Bagaimana ciri-ciri teks nonfiksi?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
2. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memahami isi teks nonfiksi!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
3. Apa fungsi dari peta pikiran?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
4. Perhatikan paragraf berikut!
Pencemaran yang disebabkan ulah insan menciptakan alam tidak mampu kembali ke kondisi semula, Alam menjadi kehilangan kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi.
Apa pokok pikiran paragraf di atas?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
5. Tuliskan cara membuat ringkasan yang baik!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
6. Perhatikan paragraf berikut!
Kegiatan faktual banyak jenisnya. Ada aktivitas yang memerlukan tenaga saja sampai memerlukan
fatwa. Contoh aktivitas yang memerlukan tenaga, misalnya berkebun. Contoh kegiatan yang
memerlukan pemikiran, contohnya belajar.
Apa gagasan utama paragraf di atas?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
7. Uraikan langkah-langkah menciptakan teks norfiksi!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
8. Apa yang kau ketahui tentang ringkasan paragraf?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
9. Perhatikan teks berikut !
Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka terletak di Yogyakarta. Perjalanan dari Solo menuju Kebun Binatang Gembira Loka dapat ditempuh selama dua jam. Kebun hewan ini adalah salah satu daerah wisata yang banyak digemari. Di kebun hewan, pengunjung mampu melihat beraneka ragam binatang. Baik hewan buas, binatang bertubuh besar maupun kecil. Semua binatang tersebut dirawat dengan baik. Diperhatikan kesehatan dan makanannya. Binatang-hewan ditempatkan sesuai dengan lingkungan hidupnya. Binatang yang hidup di air seperti buaya dan kuda nil ditempatkan di bak-kolam besar. Binatang buas dibuatkan sangkar yang berpengaruh. Burung dibuatkan kawasan khusus, berupa sangkar-kandang yang luas. Semua itu memudahkan pengunjung untuk melihat secara bersahabat perilaku hewan tanpa takut diterkam.
Buatlah ringkasan dari bacaan di atas !
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
10. Tuliskan sebuah teks singkat ihwal pengalaman pribadimu!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
11. Apa yang dimaksud dengan membaca intensif?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
12. Sebutkan beberapa jenis kata tanya beserta fungsinya!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
13. Bagaimana cara menemukan sebuah kalimat topik dalam bacaan?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
14. Apa yang dimaksud dengan membaca memindai ?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
15. Apa saja langkah penting dalam membaca sekilas?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
16. Apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
17. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan,seperti sapu dan kemoceng. Kegiatan Jumat Bersih ahad ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah, tetapl juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.
Temukan kalimat utama dalam paragraf di atas!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
18. Sebutkan langkah-langkah dalam menyusun karangan nonfiksi!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
19. Apa yang dimaksud dengan laporan kunjungan?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
20. Sebutkan kata tanya yang dipakai dalam menciptakan suatu pertanyaan! Berikan misalnya!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................
Kunci Jawaban Room I
1. b. nonfiksi2. d. kalimat utama
3. a. kalimat penjelas
4. a. awal paragraf
5. d. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan aktivitas Jumat Bersih.
6. a. pabrik pengolahan susu sapi
7. b. baku
8. c. sumber utama data kependudukan yaitu sensus penduduk
9. d. kerangka karangan
10. a. deduktif
11. c. Hutan yakni tempat yang alami.
12. d. teks nonfiksi
13. d. mengapa
14. a. kalimat penjelas
15. d. Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.
16. b. pikiran pokok
17. b. Jalan di kota besar banyak jumlahnya.
18. a. penjelas
19. a. Anton dapat memelihara hewan dengan baik.
20. a. Keseimbangan ekosistem hutan dan laut perlu dijaga.
Kunci Jawaban Room II
1. Ciri-ciri teks nonfiksi :a. Ditulis dengan tidak memakai gaya bahasa.
b. Sifat katanya denotatif atau dengan makna sebenarnya.
c. Berbentuk karangan ilmiah.
d. Ditulis berdasarkan pengamatan atau penelitian
e. Tulisan menurut kenyataan
2. judul teks, penggunaan bahasa, menurut fakta
3. Fungsi dari peta pikiran ialah untuk membuat catatan hal-hal penting yang saling berkaitan untuk keperluan tertentu
4. Pencemaran yang disebabkan ulah insan
5. Cara menciptakan ringkasan yang baik :
-membaca dengan cermat bacaan yang akan di ringkas
-menulis pokok-pokok penting dari bacaan
-menulis pokok-pokok tersebut menjadi paragraf
6. Kegiatan positif banyak jenisnya.
7. Langkah-langkah membuat teks norfiksi :
1. Menentukan tema
2. Merumuskan tujuan
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
4. Menyusun kerangka karangan (seperti pembukaan, isi, penutup)
5. Menyusun paragraf
8. Ringkasan paragraf yaitu pokok-pokok terpenting dari sebuah paragraf
9. Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta yaitu salah satu tempat wisata yang banyak digemari. Semua binatang dirawat dengan baik. Diperhatikan kesehatan dan makanannya. Kebun binatang ini juga memudahkan pengunjung untuk melihat secara erat sikap hewan tanpa takut diterkam.
10. Aku termasuk murid yang berprestasi. Semua pelajaran sekolah saya sukai. Pelajaran matematika mampu dibilang akulah jagonya. Yang paling tidak aku suka di sekolah yaitu saat ulangan. Bukan alasannya ulangannya. Tapi karena ulah sobat-temanku. Kebetulan aku punya sahabat satu dingklik dan dua sobat di kursi belakangku. Ketiganya itu sangatlah menyebalkan. Bagaimana tidak. Mereka itu suka menyontek. Makara setiap ulangan akulah yang harus mencar ilmu sementara mereka kerjanya hanya menyontek. Jika saya tidak menawarkan jawabannya, maka saya dimusuhi. Aku selalu saja berdasarkan sebab saya takut dengan ketiga temanku yang semuanya bertubuh besar.
11. Membaca intensif ialah membaca suatu bacaan dengan sungguh-sungguh dan memahami isi bacaan
12. Ada 7 kata yang termasuk ke dalam kelompok kata tanya, adalah sebagai berikut :
1. Apa, fungsinya untuk menanyakan sesuatu.
2. Siapa, fungsinya untuk menanyakan mengenai pelaku suatu kejadian.
3. Kapan, fungsinya untuk menanyakan waktu berlangsungnya suatu kerjadian.
4. (di, ke, dari) mana, fungsinya adalah untuk menanyakan daerah
5. Mengapa, fungsinya untuk menanyakan alasan atau penyebab suatu peristiwa.
6. Bagaimana fungsinya untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan proses atau cara
7. Berapa, fungsinya untuk menanyakan jumlah, banyaknya, atau satuan.
13. Cara menemukan sebuah kalimat topik dalam bacaan :
a. Melihat pada judul bacaan.
b. Menemukan kalimat utama yang biasanya terletak pada bab awal atau bagian final paragraf bacaan.
c. Menemukan kata kunci yang terdapat dalam bacaan.
14. Membaca memindai yakni membaca untuk menemukan berita secara cepat dan sempurna.
Contoh : mencari nomor telepon, mencari kata dalam kamus
15. Kenali bahan bacaan, kenali wangsit pokok, lakukan pergerakan mata dengan cepat
16. Teks non-fiksi yaitu teks yang dibentuk menurut kenyataan yang ada, realita tanpa mengada-ada, atau hal yang benar terjadi dalam kehidupan.
17. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan aktivitas Jumat Bersih.
18. Langkah-langkah dalam menyusun karangan nonfiksi :
1. Menentukan tema
2. Merumuskan tujuan
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
4. Menyusun kerangka karangan
5. Menyusun paragraf
19. Laporan kunjungan yaitu suatu laporan yang dibentuk atau ditulis sesudah melaksanakan kunjungan
20. Kata tanya dan contohnya :
1. Apa, contohnya : Apa warna kesukaanmu?
2. Siapa, misalnya : Siapa nama adikmu?
3. Kapan, contohnya : Kapan kau ke rumahku?
4. (di, ke, dari) mana, contohnya : Di mana tempat paling kondusif untuk menyimpan uang ?
5. Mengapa, contohnya : Mengapa kamu tidak datang di pesta ulang tahunku?
6. Bagaimana, contohnya : Bagaimana cara membuat bunga sebagus ini ?
7. Berapa, misalnya : Berapa banyak air yang kau minum dalam sehari?
Download Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia dan Kunci Jawaban
Itulah Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia dan Kunci Jawaban yang mampu saya bagikan. Semoga bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia Dan Kunci Tanggapan"
Posting Komentar